Produktivitas dan Daya Saing


Setelah di posting sebelumnya membahas mengenai apa yang dimaksud dengan daya saing, kali ini saya akan mengulas sangat singkat hubungan produktivitas dengan daya saing.

Menurut World Economic Forum (WEF), suatu perekonomian yang memiliki daya saing adalah perekonomian yang produktif. Produktivitas akan mendorong terjadinya pertumbuhan yang akan mendorong peningkatan pendapatan dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan.

Jika suatu negara meningkatkan daya saingnya itu berarti negara tersebut sedang meningkatkan kesejahteraannya, negara-negara yang berdaya saing adalah mereka yang paling memungkinkan untuk meraih pertumbuhan yang berkelanjutan dan inklusif (manfaat dari pertumbuhan ekonomi dirasakan oleh lebih banyak orang di negara tersebut).

Senada dengan WEF, Kovacic dalam working paper-nya yang berjudul “Competitiveness as a Source of Development” (2005) menyampaikan bahwa tahapan pembangunan suatu negara bergantung pada daya saing negara tersebut. Jika suatu negara memiliki tenaga kerja, manajemen, infrastruktur, pemerintah, atau lingkungan bisnis memiliki daya saing, maka negara tersebut akan memiliki pembangunan yang lebih cepat jika dibanding negara-negara lain yang tidak memiliki daya saing. Selain itu, pertumbuhan ekonomi yang didorong oleh daya saing akan lebih berkelanjutan.

Dalam artikel selanjutnya, saya akan membahas mengenai pengukuran daya saing suatu negara.

Iqbal - InspirasiEkonomi.com

Comments

Popular Posts